Search here ^w^

Kamis, 04 Oktober 2012

Banyak Sekolah di Jepang Kekurangan Murid



JAKARTA—Berdasarkan catatan yang ada hingga 2012, mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang tergolong masih sedikit. Dari total 90.000 mahasiswa asing yang belajar di negeri Sakura, hanya 2.000 orang berasal dari Indonesia.

Menurut Komisaris Pandan College, Richard Susilo, berbagai disiplin ilmu di Jepang sangat diminati mahasiswa asing. Paling populer adalah teknik, animasi, seni, fashion, dan teknik foto digital.

Menurut Richard bila ingin sukses sekolah di Jepang, harus disiplin dan rajin belajar. Lulusan berbagai universitas atau sekolah tinggi di Jepang, selama ini dipastikan mampu bekerja dengan baik di berbagai perusahaan, sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Pandan College Indonesia, katanya sejak 20 tahun terakhir sudah menjembatani pemerintah Jepang dalam memberi informasi, dan penyuluhan terkait calon mahasiswa dan tenaga kerja dari Indonesia ke Jepang.

Sayangnya, pemerintah Jepang kurang memberi perhatian terhadap upaya swasta dalam mendorong arus pelajar dan mahasiswa studi Jepang. Idealnya, menurut dia, pemerintah Jepang mengalokasikan anggaran khusus untuk promosi pendidikan di dalam negerinya.

“Sebagian besar lembaga pendidikan di Jepang kekurangan murid, padahal Jepang berpotensi menggaet murid baru, baik pelajar maupun mahasiswa dari negeri lain, termasuk Indonesia,” tuturnya.

Ke depan akan diadakan pameran pendidikan tinggi Jepang di berbagai kota di Indonesia seperti di Medan, Yogyakarta, Makassar, Bandung dan Surabaya.

-------------------------------------------
Terbalik dari Indo ya? =_="


Sc: Harian Terbit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang baca postingan silahkan tinggalkan komentar ya. Don't be silent reader^^

Entri Populer