Search here ^w^

Rabu, 03 Oktober 2012

Menjelajahi Universitas Kyoto

Konbanwa minna!
Ada info ni buat minna-san yang pengen kuliah dan bingung mau masuk kemana, ini salah satu univertas yang mungkin sesuai dengan selera minna-san, douzo!



Kyoto University (京都大学, Kyōto Daigaku) adalah universitas negeri di Kyoto, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto, dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan.
Ciri khas universitas ini adalah tradisi akademik yang menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Penelitian dilakukan berdasarkan minat dan tujuan masing-masing individu. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.
Kampus utama adalah Kampus Yoshida yang berada di pusat kota Kyoto. Dua kampus lainnya adalah Kampus Uji dan Kampus Katsura. Kampus Uji merupakan pusat riset energi dan ilmu alam, terletak di Uji, Prefektur Kyoto. Kampus Katsura adalah kampus baru yang dibuka Oktober 2003, letaknya 7 km dari kampus utama.

Universitas Kyoto

Sejarah:
Didirikan pada tahun 1897, Kyoto University (Kyodai) merupakan kampus publik kedua di Jepang setelah The University of Tokyo atau Todai. Pada awalnya, Kyodai adalah sekolah teknik menengah ilmu Kimia dan Fisika. Kemudian diubah menjadi universitas dengan nama asli Kyoto Imperial University karena didirikan oleh kekaisaran Jepang. Pada awal mula pendirian universitas hanya terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (College of Science), dan Fakultas Teknik (College of Engineering).

Kemudian dalam waktu sepuluh tahun dari pendiriannya, telah berhasil didirikan Fakultas Hukum, Kedokteran, dan Sastra. Pada 1919 Fakultas Ekonomi didirikan, dan pada 1923 Fakultas Pertanian juga didirikan. Fakultas terakhir yg didirikan di Kyodai adalah Fakultas Pendidikan, yakni pada tahun 1949 pasca kekalahan Jepang pada perang dunia kedua.

University Achievements:
Kyodai merupakan kampus terfavorit kedua di Jepang setelah Todai dalam berbagai bidang baik social, kedokteran, science dan teknik. Sebagai salah satu kampus top di Jepang, Kyodai mempunyai keunikan dalam kultur akademiknya dengan mengusung semangat kebebasan akademik (Self-reliance and self-respect). Dengan semangat ini, maka para pembelajar di Kyoto University telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa; Penerima Nobel pertama Jepang, Hideki Yukawa (Nobel Fisika) adalah Professor di Kyodai, dan hingga kini telah tercatat ada 7 penerima Nobel alumni dari Kyodai, ini menjadikan Kyodai sebagai kampus penghasil Nobel terbanyak se-Jepang dan Asia.



Selain Nobel, Kyodai juga telah menghasilkan 2 orang peraih Fields Medals, yakni penghargaan setara Nobel dalam bidang Matematika. Selain itu, beberapa penghargaan ilmiah top dunia lainnya telah diterima oleh alumni Kyodai sebagai jalan menuju ke penghargaan paling prestisius di dunia, yakni Nobel.


University Facts:
Perjalanan sejarah Kyodai selama 114 tahun telah menorehkan pengakuan dari dunia. Baik ranking dari QS Top University maupun dari Times Higher Education World University Ranking, menempatkan Kyodai sebagai salah satu universitas top dunia. Hal ini menarik berbagai mahasiswa maupun peneliti asing untuk berdatangan ke Kyodai.
Mahasiswa Internasional di Kyodai
International researcher di Kyodai
Selain itu, Kyodai saat ini tengah giat mempromosikan iklim penelitian kelas dunia dengan didirikannya beberapa pusat penelitian dunia yang diisi oleh para peneliti terbaik dari berbagai negara dengan dukungan perlengkapan dan dana riset yang besar. Diantaranya adalah World Premier International Research Center (WPI): Institute for Integrated Cell-Material Sciences (iCeMS), dan beberapa Global Center of Excellent (GCoE), dari sinilah berbagai penelitian kelas dunia akan terus dihasilkan oleh Kyodai dalam menjawab berbagai tantangan global.


Fakultas:
-Fakultas Humaniora
-Fakultas Sastra
-Fakultas Pendidikan
-Fakultas Hukum
-Fakultas Ekonomi
-Fakultas Sains
-Fakultas Kedokteran
-Fakultas Farmasi
-Fakultas Teknik
-Fakultas Pertanian


Sekolah pascasarjana:
-Sekolah Pascasarjana Sastra
-Sekolah Pascasarjana Pendidikan
-Sekolah Pascasarjana Hukum
-Sekolah Pascasarjana Ekonomi
-Sekolah Pascasarjana Sains
-Sekolah Pascasarjana Kedokteran
-Sekolah Pascasarjana Ilmu Farmasi
-Sekolah Pascasarjana Teknik
-Sekolah Pascasarjana Pertanian
-Sekolah Pascasarjana Manusia dan Lingkungan Hidup
-Sekolah Pascasarjana Ilmu Energi
-Sekolah Pascasarjana Kajian Wilayah Asia dan Afrika
-Sekolah Pascasarjana Informatika
-Sekolah Pascasarjana Kajian Biologi
-Sekolah Pascasarjana Kajian Lingkungan Hidup Global
-Sekolah Ilmu Pemerintahan
-Sekolah Pascasarjana Manajemen Ekonomi



Sc:
1. http://erywijaya.wordpress.com
2. http://id.wikipedia.org

2 komentar:

  1. Bisa dicantumkan persyaratan apa aja untuk apply s2 di kyodai?

    BalasHapus
  2. Osumi philip mx , sharanghae aiishiteru and money 1 rupiah soekarno, haiq.

    BalasHapus

Yang baca postingan silahkan tinggalkan komentar ya. Don't be silent reader^^

Entri Populer